Tips beli komputer bekas

Anda mau beli komputer tapi budget mepet? pc bekas atau komputer sekon bisa menjadi solusinya tapi awas jangan sampe salah pilih dalam membeli komputer bekas, ketahui dulu Tips beli komputer bekas disini.

Kehati-hatian dalam membeli komputer bekas adalah wajib hukumnya karena pc bekas lebih rentan rusak dibanding dengan pc baru, alih-alih anda ingin hemat malah tekor buat service pc bekas.

tips beli komputer bekas

Tips beli komputer bekas

  •  Tentukan Tujuan

Maksudnya adalah tujuan di belinya pc tersebut untuk apa? apakah pc tersebut nantinya akan dipakai untuk mengetik saja atau pekerjaan ringan lainnya? atau kah untuk pekerjaan berat seperti desain grafis ataupun gaming?

  • Budget

Setelah tujuan didapatkan waktunya menentukan budget maksimal yang mampu anda keluarkan, spek kantor atau pelajar biasanya lebih murah dibandingkan spek gaming dan desain.

  • Riset Harga

Anda sudah punya perkiraan budget maksimal saatnya dilanjutkan dengan Riset harga-harga, Anda bisa membandingkan harga diantara sesama toko online saja dahulu, jangan tergiur murahnya saja tapi lihat juga spek yang tertulis.

Saat membaca spek pastikan anda sudah mengetahui perbedaan-perbedaan komponen komputer seperti motherboard, processor, ram dan sebagainya.

Agar mempermudah anda membandingkannya dengan toko penjual lainnya, seandainya belum tahu berarti anda perlu membaca artikel di blog ini terlebih dahulu agar lebih mengerti tentang hal-hal tersbut.

  • Garansi

Saat pembelian anda harus menanyakan berapa lama garansi yang diberikan oleh penjual tersebut, dan garansi tersebut meliputi part apa saja dan apa yang bisa menyebabkan garansi tersebut hangus.

  • System Operasi

Tidak semua penjual sudah memasukan sistem operasi kedalam komputer bekas yang mereka jual jadi pastikan apakah komputer ini sudah mendapatkan windows atau belum karena ini sangat penting bagi anda yang tidak bisa instal windows.

  • Pengetesan

Jika anda mengerti dalam mengetes pc bisa anda tes sendiri akan tetapi jika tidak mengerti harus apa ya berarti minta bantuan teknisi pihak toko penjual untuk melakukan pengetesan, disini anda harus agak rewel karena ini demi anda juga agar tidak mendapatkan barang rusak nantinya.

Apa saja yang harus di cek ? pertama cek kesehatan hardisk caranya dengan menggunakan software HDD sentinel, pasti namanya teknisi pc punya software ini, jika mereka tidak punya bisa anda bantu downloadin dahulu karena ukurannya kecil.

Download trial juga tidak apa, saat pengetesan lihat dan perhatikan dengan jeli  kesehatan atau health hardisk haruslah 100%, jangan mau kalau sudah dibawah itu minta pergantian saja hardisknya dengan yang memiliki healtn 100% .

Setelah Cek hardisk sekarang anda tes kestabilan pc jika dipakai kerja berat, cobalah tes memakai aplikasi STRESS MY PC dan tes lah sekitar 20 menitan, jika tidak mati berarti kemungkinan besar masih bagus.

tes stress my pc

Jika mati mending ganti pc lain saja, jika pc anda untuk gaming bisa juga tes memakai software tester vga mintalah sekalian tes sama teknisinya.

Itulah sedikit tips beli komputer bekas yang bisa anda coba praktekan saat membeli komputer bekas, semoga bermanfaat.