Cara setting bios laptop

Cara setting bios laptop – Setiap pemilik laptop pasti akan mengalami namanya eror atau rusak baik itu software maupun hardware, untuk kerusakan hardware mungkin anda tidak bisa memperbaikinya tapi untuk kerusakan software anda bisa memperbaikinya sendiri.

Contohnya saja ketika anda mengalami masalah didalam windows laptop anda, misalkan laptop mulai terasa lemot, windowsnya terkena virus dan sebagainya.

Cara setting bios laptop untuk laptop legacy bios untuk instal ulang

Jika anda ingin install ulang windows sebaiknya dibackup data-data di drive c terlebih dahulu, kemudian buatlah bootable windows 10 memakai software rufus atau software lainya.

Saatnya masuk ke bios laptop umumnya anda hanya perlu menekan tombol F2 saja berulang-ulang sewaktu windows booting

Setelah masuk ke menu bios anda bisa menggeser tampilan ke arah menu BOOT , lalu rubah option boot #1 yang awalnya itu hardisk menjadi flashdisk atau menjadi dvd installer, tergantung alat yang anda gunakan ya

cara setting bios

Cara merubah windows boot manager menjadi flashdisk bootable yaitu dengan memilih Hard Drive BBS Priorities” karena pilihan flashdisk belum muncul di boot #1 maupun Boot #2 , jika sudah muncul nama flashdisk maka anda bisa menskip cara ini.

Tekan enter di “Hard Drive BBS Priorities”  

cara setting konfigurasi bios

Setelah muncul menu baru, maka anda Pindahkan  nama falshdisk yang terlihat, disini saya memakai flashdisk merk Sandisk, Enter di boot option #1 dan geser kebawah dengan tombol panah bawah di keyboard.

Pilih SANDISK lalu ENTER

Maka akan terlihat pilihan flashdisk dibawah boot option #1 “windows boot manager” , silahkan kamu enter di windows boot manager dan pilih flashdisk Sandisk

cara setting bios agar bisa booting lewat flashdisk

Setelah muncul nama  flashdisk Sandisk di Boot Option #1 maka anda tinggal menekan tombol F10 dan ENTER maka laptop akan restart dan booting melalui flashdisk tersebut.

cara setting bios untuk instal ulang

 

Itulah tutorial singkat tentang cara setting bios untuk bios legacy agar bisa booting lewat flashdisk untuk keperluan instal ulang laptop atau bisa juga untuk keperluan perbaikan laptop dan juga backup data laptop sewaktu-waktu.

Semoga bermanfaat, terima kasih.