CARA MENGATASI KOMPUTER LEMOT

CARA MENGATASI KOMPUTER LEMOT – PC menjadi lambat merupakan masalah klasik yang sering dialami pengguna komputer apalagi jika sang pemilik pc atau anda hanya seorang pengguna saja dan tidak pernah memperhatikan kondisi pc tersebut.

Komputer lemot belum tentu komputernya yang rusak loh, bisa saja itu hanya salah dipengaturan software atau salah setting dari pengguna komputer tersebut, jadi sebelum kita melangkah lebih jauh tentang cara mengatasi komputer lambat ketahui dahulu tentang

Penyebab komputer lemot

Masalah yang menjadi penyebab komputer menjadi lambat akan saya bagi menjadi dua kategori yaitu :

  1. Software

Problem software biasanya  diakibatkan kesalahan pengguna atau ketidakpahan pemakai komputer terhadap software dan os windows yang dia pakai, penyebab  komputer lemot diantaranya :

cara atasi komputer lemot

    • Terlalu banyak Start up program : permasalahan ini biasanya terlihat ketika anda baru menjalankan atau baru menyalakan komputer akan terasa sangat lemot dan harus menunggu beberapa menit sampai komputer benar-benar bisa digunakan.
    • Terlalu banyak Proses berjalan di background : problem ini terasa ketika membuka program loadingnya terasa lama dan bahkan bisa mengakibatkan komputer hang.
    • Terlalu banyak Anti virus : Anti virus memang penting tapi jangan sampai anda memasang 2,3 atau bahkan lebih antivirus dalam satu komputer .
    • Membuka software sekaligus berbarengan : Hasrat anda ingin bekerja cepat multitasking sampai membuka banyak program bersamaan malah membuat komputer jadi lola alias lemot sekali
    • Terlalu banyak program yang di instal : pengguna baru biasanya ingin mencoba-coba hal baru dan pastinya banyak menginstal theme, software yang belum mereka tahu
    • Membuka banyak tab di browser : pasti pernah ngalamin kan pc lambat gara-gara buka tab di browser chrome berpuluh-puluh tab sekaligus
    • Windows auto update : windows 7 bisa dengan mudah dimatikan auto updatenya, tapi windows 10 sedikit susah dan ngeyel update terus otomatis tanpa kita sadari pc lemot dan kuota abis.
    • Hardisk terlalu penuh dan terfragmentasi : lupa bersih-bersih file dan hardisk bisa menyebabkan lemot loh
    • Temporary file yang banyak : File di folder Temp jang lupa dihapus ya biar ga bengkak
    • Terkena Virus, malware, spyware : ini biasanya karena pengguna sering download dan instal sembarangan tanpa cek ricek dahulu

2. Hardware

    • Hardisk mulai bermasalah : bisa akibat bad sector, kecepatan putaran ( RPM ) hardisk sudah kendor, health hardisk sudah dibawah 100%
    • Kurangnya Memory Ram : Semakin tinggi windowsnya biasanya system juga semakin membutuhkan ram yang lebih besar hanya untuk sistem os saja
    • CPU usage 100% : jika cpu usage sampai 100% maka komputer anda pasti lambat
    • komputer kepanasan (overheat) : Kalau sudah terlalu panas bukan hanya lambat tapi terkadang pc merestart sendiri
    • Listrik tidak stabil : Ketidakstabilan listrik bisa menjadi awal malapetaka rusaknya hardisk dan komponen lainnya
    • Trafic Network tinggi : problem ini terasa jika anda bekerja dalam sebuah jaringan perusahaan yang trafik tinggi tapi masih pakai kabel 10/100 MB otomatis proses copy file atau ngeprint antar jaringan pasti lambat.

Itulah sebagian penyebab kenapa komputer atau laptop bisa lambat, sekarang kita akan mulai bahasa cara mengaasinya ya.

  Cara mengatasi komputer lemot

  • Mengatasi masalah Software

Cobalah untuk hilangkan software atau aplikasi dari proses startup windows untuk mempercepat proses loading startup, karena tidak semua software itu membutuhkan startup otomatis.

Hentikan atau stop dan bisa saja anda uninstall semua process yang berjalan dibackground untuk menghindari terpakainya resource pc atau laptop kamu oleh software yang berjalan dibackground.

Hindari membuka browser dengan pulahan tab terbuka sekaligus, karena semua tab itu memakai resource juga seandainya anda membuka

Begitu banyak tab lalu membuka software lain semisal photoshop maka dipastikan komputer atau laptop dengan spek mepet akan menjadi lemot.

Cek juga folder Temp coba hapus menggunakan Disk cleanup

hapus temp diskcleanup

Jangan lupa untuk Defragment hardisk juga ya agar hardisknya tertata lebih rapi lagi.

Matikan auto update windows 10 karena ini kadang tidak cocok untuk pc spek yang pas-pasan, cara matikan update antivirus windowsnya akan saya update di artikel selanjutnya.

Langkah terakhir yaitu install ulang windows, langkah ini biasanya dilakukan jika komputer kamu terkena virus, malware atau spyware agar lebih cepat dan lebih bersih disarankan untuk install ulang saja.

  • Mengatasi masalah Hardware 

Cara yang dilakukan dalam meningkatkan kecepatan os memakai software tidaklah terlalu signifikan peningkatannya dan tidak terlalu kelihatan hasilnya.

Kamu harus mencoba untuk mengganti Hardisk ke SSD jika memang ingin merasakan kecepatan dalam mengoprasikan windows 10

kecepatan dari windows 10 hardisk dan SSD bisa kamu lihat bedanya divideo bawah ini yang hanya menggunakan INTEL NUC tapi tetap ngebut saat memakai SSD .

Jika SSD saja belum cukup segeralah upgrade Ram juga karena untuk multitasking memory sangat diperlukan, tapi untuk atasi startup windows 10 yang lemot kamu bisa prioritaskan penggantian SSD dahulu dibandingkan dengan RAM.

Langkah terakhir bersih-bersih isi komputer dari debu dan kotoran lain, bongkar komputer ikuti panduan diyoutube untuk membongkar komputer atau laptop tipe yang full body maksudnya yaitu untuk membongkar laptop yang baterainya ditanam didalam.

Karena tipe itu lebih rentan terjadi short jika anda salah dalam bongkar pasangnya terutama pada bagian Keyboard, banyak kasus mati total terjadi akibat salah pemasangan keyboard saat ganti keyboard seperti laptop asus seri X .

Semua langkah diatas hanyalah sebatas prediksi yang bisa benar dan bisa saja salah karena setiap komputer dan laptop berbeda dalam setiap kasus dan juga cara penanganannya.

itulah cara mengatasi komputer lemot, Semoga artikel ini bermanfaat.